Aplikasi Teori
Vygotsky Dalam Kelas
Aplikasi Teori
Vygotsky Dalam Pendidikan teori-teori yang menjelaskan bagaimana otak bekerja
dan bagaimana individu memperoleh dan memproses informasi. Pandangan yang
ditawarkan Vygotsky dan para ahli psikologi kognitif yang lebih mutakhir adalah
penting dalam memahami penggunaan-penggunaan strategi belajar karena tiga
alasan. Pertama, mereka menggarisbawahi peran penting pengetahuan awal dalam
proses belajar. Dua, mereka membantu kita memahami pengetahuan dan perbedaan antara
berbagai jenis pengetahuan. Dan tiga, mereka membantu menj ... Vygotsky
didasarkan pada tiga ide utama: (1) bahwa intelektual berkembang pada saat
individu menghadapi ide-ide baru dan sulit mengaitkan ide-ide tersebut dengan
apa yang mereka telah ketahui; (2) bahwa interaksi dengan orang lain memperkaya
perkembangan intelektual; (3) peran utama guru adalah bertindak sebagai seorang
pembantu dan mediator pembelajaran siswa (Nur, 2000b: 10).
Ciri-ciri
pembelajaran dalam pandangan kognitif (Sugihartono,dkk, 2007:115) adalah
sebagai berikut: Menyediakan pe ... kelas kooperatif, sehingga siswa dapat
saling berinteraksi dan saling memunculkan strategi-strategi pemecahan masalah
yang efekif dalam masng-masing zone of proximal development mereka. Pendekatan Vygotsky
dalam pembelajaran dalam menekankan scaffolding. Jadi teori belajar vigotsky
adalah salah satu teori belajar social sehingga sangat sesuai dengan model
pembelajaran kooperatif karena dalam model pembelajaran kooperatif terjadi
interaktif social yaitu interaksi antara siswa dengan siswa dan a ... Karya
Vygotsky didasarkan pada tiga ide utama (1) bahwa intelektual berkembang pada
saat individu menghadapi ide-ide baru dan sulit mengaitkan ide-ide tersebut
dengan apa yang mereka telah ketahui (2) bahwa interaksi dengan orang lain
memperkaya perkembangan intelektual (3) peran utama guru adalah bertindak
sebagai seorang pembantu dan mediator pembelajaran siswa (Nur, 2000b
10).Ciri-ciri pembelajaran dalam pandangan kognitif
(Sugihartono,dkk,
2007115) adalah sebagai berikutMenyediakan pengalaman belajar dengan mengaitkan
pengetahuan yang telah dimiliki siswa sedemikian rupa sehingga belajar melalui
proses pembentukan pengetahuan.Menyediakan berbagai alternatif penglaman
belajar, tidak semua mengerjakan tugas yang sama, misalnya suatu masalah dapat
diselesaikan dengan berbagai cara.Mengintegrasikan pembelajaran dengan situasi
yang realistic dan relevan dengan melibatkan pengalaman konkrit, misalnya untuk
memahami suatu konsep siswa melalui kenyataan kehidupan
sehari-hari.Mengintegrasikan pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya
transmisi social, yaitu terjadinya interaksi dan kerja sama seseorang dengan
orang lain atau dengan lingkungannya, misalnya interaksi dan kerja sama antara
siswa, guru, dan siswa-siswa.Memanfaatkan berbagai media termasuk komunikasi
lisan dan tertulis sehingga pembelajarn lebih efektif.Melibatkan siswa secara
emosional dan social sehingga siswa menjadi tertarik dan mau belajar.Sumbangan
psikologi kognitif berakar dari teori-teori yang menjelaskan bagaimana otak
bekerja dan bagaimana individu memperoleh dan memproses informasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar