Total Tayangan Halaman

Kamis, 12 Mei 2016

Sejarah Islamisasi di Asia Tenggara

A. PROSES ISLAMISASI

Terdapat tiga hal yang diperdebatkan oleh ulama mengenai datangnya Islam ke Indonesia: waktu datang, penyebar dan daerah asal penyebar.

Azyumardi Azra mengatakan bahwa perkembangan Islam di Asia Tenggara mengalami tiga tahap:

1. Islam disebarkan oleh para pedagang yang berasal dari Arab, India dan Persia di sekitar pelabuhan (terbatas). Pada tahap ini, para ulama yang juga merangkap sebagai pedagang memiliki peran besar dalam penyebaran Islam. Di samping itu, penyebaran Islam dalam tahap ini sangat diwarnai oleh aspek mistik Islam (tasauf). Meskipun demikian, tidak berarti syari’at atau fikih diabaikan sekali. Tahap pertama ini berlangsung hingga Majapahit runtuh (abad XV M).

2. Sejak datang dan berkuasanya Belanda di Indonesia, Inggris di Semenanjung Malaya, dan Spanyol di Pilipina, sampai abad XIX M

3. Tahap Liberalisasi kebijakan pemerintahan kolonial, terutama Belanda di Indonesia. Pada tahap ini, proses Islamisasi di Asia Tenggara sampai bentuknya seperti sekarang ini.





Islamisasi di Asia Tenggara dimulai sejak dunia Islam melakukan hubungan hubungan baik dengan kerajaan- kerajaan di Asia Tenggara. Meskipun masih diperdebatkan. I’Tsing yang pernah berkunjung ke Sriwijaya palembang (671 M) menjelaskan bahwa Sriwijaya sudah menjalin hubungan dengan Khalifah Mu’awiyah Bin Abi Sufyan (661 M) dan khalifah Umar Ibn Abd al-Aziz (717-720 M). Selanjutnya ia menjelaskan bahwa jalinan hubungan tidak semata menyangkut bidang perdagangan , tetapi juga bidang politik dan diplomatik.

K.N. Sofyan Hasan dan Warkum Sumitro(1994) menyederhanakan perdebatan mengenai kedatangan Islam Nusantara. Menurutnya, sejarawan terbagi menjadi dua kelompok dalam menjelaskan asal-usul Islam di Nusantara. (termasuk Indonesia).

1. Husin Jayadiningrat dan Cristien Snouck Hurgronje (Ahli hukum dari Belanda) berpendapat bahwa Islam datang ke Nusantara pada Abad XIII yang dibawa oleh para da’i dan pedagang dari Persia melalui India. Argumentasinya adalah:

a. Kerajaan Islam yang pertama di Indonesia adalah Samudera Pasai di Aceh Utara (Lhoksemawe). Nama samudera pasai berasal dari kata Persia;[1]

b. Mistik yang diajarkan di Indonesia sama dengan mistik yang al- Hallaj dengan Syekh Siti Jenar;

c. Cara membaca al-Qur’an di Indonesia sama dengan cara menbaca Al-Qur’an di Persia.

2. Hamka dan W.P. Goenevelt berpendapat bahwa Islam datang ke Nusantara langsung dari Arab (Mesir) tidak melalui Persia dan India. Alasannya adalah:

a. Madzhab yang dianut oleh kerajaan Islam Pasai pada waktu itu adalah Madzhab Syafi’i, dan madzhab itu berasal dari Mekkah.

b. Gelar-gelar raja Pasai yang dipakai pada waktu itu adalah gelar raja-raja Mesir.





Pada Tanggal 7 Maret 1963 di Medan diadakan seminar tentang masuknya Islam di Indonesia dengan kesimpulan:

a. Islam masuk ke Indonesia pada abad VII M langsung dari Arab

b. Daerah pertama yang didatangi Islam adalah Pesisir Sumatera dan Kerajaan Islam pertama adalah Samudera Pasai.

c. Pada awalnya, Islam disebarkan oleh orang asing yang beragama Islam, pada tahap berikutnya, umat Islam Indonesia turut aktif dalam penyebaran Islam.

d. Mubalig (penyebar Islam) merangkap sebagai pedagang.

e. Islamisasi dilakukan dengan cara damai, dan

f. kedatagan Islam mendorong lahirnya peradaban bangsa Indonesia. [2]





B. PERTUMBUHAN LEMBAGA SOSIAL DAN LEMBAGA POLITIK PADA PUSAT-PUSAT PENYEBARAN ISLAM DI ASIA TENGGARA.

Sebelum Islam datang , Indonesia telah berkuasa kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha. Diantaranya, ada kerajaan Bahari terbesar yang menguasai dan mengendalikan pulau-pulau di Nusantara, yaitu Kerajaan Sriwijaya di sekitar Palembang, Sumatera Selatan Singasari, selanjutnya yaitu Majapahit.

Pada abad ke-7, Islam belum menyebar luas secara merata ke seluruh penjuru Nusantara, karena pengaruh agama Budha masih memegang peranan di Kerajaan Sriwijaya, terutama dalam kehidupan Sosial, politik, perekonomian dan kebudayaan. Pada Awal abad ke-13 M, kerajaan ini memasuki masa kemunduran. Dalam kondisi seperti ini, pedagang-pedagang muslim memanfaatkan politiknya dengan mendukung daerah-daerah yang muncul dan menyatakan diri sebagai kerajaan yang bercorak Islam. Mereka tidak hanya membangun perkampungan pedagang yang bersifat ekonomis, tetapi juga membentuk struktur pemerintahan yang dikehendaki.

Sementara itu di kerajaan Majapahit setelah Patih Gajah Mada meninggal dunia (1364 M), dan Hayam Wuruk (1389 M), situasi politik Maajapahit goncang dan terjadi perebutan kekuasaan di kalangan keluarga istana. Bersamaan dengan melemahnya Majapahit, Islam di Jawa mendapatkan posisi yang menguntungkan sehingga di bawah bimbingan spiritual Sunan Kudus, Demak akhirnya berhasil menggantikan Majapahit sebagai keraton pusat.

Uraian di atas menunjukkan bahwa cikal-bakal kekuasaan Islam sudah dirintis sejak abad ke-7 M. Tetapi semuanya tenggelam dalam hegemoni Maritim Sriwijaya yang berpusat di Palembang dan kerajaan Hindu Jawa, seperti kerajaan Medang, Kediri, Singasari, dan Majapahit di Jawa Timur. Kemudian Islam menempati struktur pemerintahan ketika komunitas muslim sudah kuat yang bersamaan dengan suramnya kondisi politik kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha.

Islam sebagai agama yang memberikan corak kultur bangsa Indonesia dan sebagai kekuatan politik yang menguasai struktur pemerintahan sebelum datangnya Belanda dapat dilihat dari munculnya kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara ini, antara lain di Sumater, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. [3]





1. Islam Sumatera

Ada tiga Kerajan Islam terkenal di Sumatera yang telah memosisikanIslam sebagai agama dan sebagai kekuatan politik yang mewarnai corak sosial budayanya, yaitu Perlak, Pasai, dan Aceh.

Perlak merupakan kerajaan Islam pertama di Sumatera Utara yang berkuasa pada tahun 225-692 M. Dengan Raja pertamanya Sultan Alaiddin Syed Maulana Abdul Aziz Shah (225-249 H. / 840-864 M). Hal ini sesuai dengan berita Marcopolo ( pengembara Itali yang tiba di Sumatera) yang menyatakan bahwa pada masa itu (abad ke-8 M), Sumatera terbagi menjadi delapan buah kerajaan yang semuanya menyembah berhala, kecuali sebuah saja, yaitu Perlak yang berpegang pada Islam. Hal ini karena ia selalu didatangi pedagang-pedagang Saracen (muslimin) yang menjadikan penduduk bandar ini memeluk undang-undang Muhammad (undang-undang Islam).

Sistem pemerintahan yang diterapkan oleh kerajaan Islam Perlak pada dasarnya mengikuti sistem pemerintahan yang dilaksanakan oleh Daulah Abbasiyah (750-1258 M), yaitu kepala pemerintahan / kepala badan eksekutif dipegang oleh sultan dengan dibantu olleh beberapa wazir, yaitu Wazir As-Siyasah (bidang politik); Wazir Al-Harb ( bidang keamanan/pertahanan); Wazir Al-Maktabah (bidang administrasi negara);Wazir Al-Iqtishad (bidang ekonomi dan keuangan); dan Wazir Al-Hukkam (bidang kehakiman). Selain itu, sebagai penasihat pemerintah yang bertugas mendampingi sultan dan wazirnya, dibentuk sebuah lembaga yang disebut Majelis Fatwa di bawah pimpinan seorang ulama yang berpangkat Mufti.

Penjelasan ini menunjukkan bahwa Islam, baik sebagai kekuatan sosial agama maupun sebagai kekuatan sosial-politik, pertama-tama memperlihatkan dirinya di Nusantara ini adalah di Negeri Perlak. Dari negeri inilah, pertama kalinya Islam memancar ke pelosok tanah air Indonesia. Kerajaan Islam Perlak terus hidup merdeka sampai dipersatukannya dengan kerajaan Samudera Pasai pada zaman pemerintahan Sultan Muhammad Malik Ad-Dzahir Ibn Al-Malik Ash-Shaleh (688-1254 H / 1289-1326 M).[4]

Sultan Al-Malikal-Shaleh (1297 M) adalah raja pertama dari kerJN Smudera. Beliau kemudian menikah dengan puteri raja Perlak dan memiliki dua anak. Oleh karena itu, dua kerajaan ini kemudian digabung menjadi kerajaan Samudera Pasai. Kerajaan ini bertahan lama sampai ditundukkan oleh Portugis (1521 M).

Para pedagang muslim mengislamkan penduduk urban; sedangkan di daerah pedalaman tetap melanjutkan tradisi lama mereka. Cerita tentang kerajaan ini terdapat dalam sejumlah literatur berdasarkan perjalanan Marco Polo, Ibn Bathuthah, dan Fe-Hien (dari Cina).[5] Kerajaan Samudera pasai berlangsung sampai tahun 1524 M. Dianeksasi oleh raja Aceh, Ali Mughayatsyah. Selanjutnya, kerajaan Samudera Pasai berada dibawah Pengaruh kesultanan Aceh yang berpusat di Bandar Aceh Darussalam. Ali Mughayatsyah (1514-1530 M) telah banyak berjasa dalam berbagai aspek keislaman.

a. Dalam bidang politik, sultan berupaya menghadang penjajah Portugis Kristiani dengan memprakarsai negara Islam bersatu, yaitu menyatukan tenaga politik Islam di dalam sebuah negara yang kuat dan berdaulat yang diberi nama “Aceh Besar” (1514).

b. Dalam bidang pemerintahan, baginda raja telah meletakkan Islam sebagai asas kenegaraaan, bahkan beliau melarang orang-orang bukan Islam untuk memangku jabatan kenegaraan atau meneruskan jabatannya.

c. Dalam bidang dakwah, dibangun pusat Islam yang megah, dihimpun para ulama dari juru dakwah, serta menyuruh jihad memerangi penyembah berhala dan syirik. Pada masa Sultan Alauddin Ri’ayat Syah (abad ke-16), Aceh dikenal sebagai negara Islam yang perkasa dan menjadi pusat penyebaran Islam yang yang besar di Nusantara.

d. Dalam bidang hukum, syari’at Islam ditegakkan , bahkan raja telah menghukum mati anaknya karena kezaliman dan jinayat (pidana). Dari Pasai dan Aceh, Islam memancar keseluruh pelosok Nusantara yang terjangkau oleh para juru dakwahnya.





2. Islam di Jawa

Ahli-ahli sejarah tampaknya sependapat bahwa penyebar Islam di Jawa adalah para Wali Songo. Mereka tidak hanya berkausa dalam lapangan keagamaan, tetapi juga dalam hal pemerintaha dan politik. Bahkan , sering kali seorang raja seakan-akan baru sah sebagai raja kalau ia sudah diakui dan diberkahi oleh Wali Songo.

Islam telah tersebar di pulau Jawa, paling tidak sejak Malik Ibrahim dan Maulana Ishak yang bergelar Syaikh Awal Al-Islam diutus sebagai juru dakwah oleh Raja Samudera, Sultan Zainal Abidin Bahiyah Syah (1349-1406) ke Gresik.dalam percaturan politik, Islam mulai memosisikan diri ketika melemahnya kekuasaan Majapahit yang memberi peluang kepada penguasa Islam di pesisir untuk membangun pusat-pusat kekuasaan yang independen. Di bawah pimpinan sunan Ampel, Wali Songo bersepakat untuk mengangkat Raaden Patah sebagai raja pertama kerajaan Islam Demak, Mataram, Cirebon, dan Banten. Dalam mendirikan negara Islam tersebut, peranan Wali Songo sangat besar. Misalnya Sunan Gunung Djati mendirikan kerajaan Mataram yang pengaruhnya sampai ke Makasar, Ambon, dan Ternate.

Disamping kekuatan politik Islam yang memberi konstribusi besar terhadap perkembangannya, Islam juga hidup di masyarakat dapat memberi dorongan kepada penguasa non-muslim untuk memeluknya. J.C. Van Leur menyebutkan bahwa motivasi bupati pantai utara Jawa memeluk Islam bertujuan untuk mempertahankan kedudukannya. Dengan kata lain, para Bupati telah menjadikan agama Islam sebagai Instrumen Politik untuk memperkuat kedudukannya.

Keterangan ini memberikan gambaran kepada kita bahwa agama Islam di Jawa pada masa kerajaan Islam telah menjadi agama rakyat. Para penguasa / bupati pesisir memeluknya karena tanpa ada konversi agama, tampaknya kedudukan mereka tidak dapat dipertahankan.[6]





3. Islam di Kalimantan, Maluku, dan Sulawesi

Pada awal abad ke-16. Islam masuk ke Kalimantan Selatan, yaitu di kerajaan Daha (banjar) yang beragama Hindu. Berkat bantuan Sultan Demak, Trenggono (1521-1546), Raja Daha dan rekyatnya masuk Islam sehingga berdirilah Islam Banjar, dengan Raja pertamanya Pangeran Samuderayang diberi gelar Pangeran Suryanullah atau Suriansah.

Di Kalimantan Timur (Kutai) pada tahun 1575, yaitu Tunggang Parangan mengislamkan raja Mahkota. Sejak baginda raja masuk Islam, terjadilah proses Islamisasi di Kutai terutama oleh putranya, dan pengganti-penggantinya meneruskan perang ke daerah-daerahnya.

Pada abad ke-10 dan ke-11, di Maluku sudah ramai perniagaan rempah-rempah, terutama ceengkeh dan pala yang dilakukan oleh para pedagang Arab dan Persia. Tentunya, pada saat itu telah terjadi sentuhan pedagang muslim dengan rakyat Maluku yang membentuk komunitas Islam. Dengan derasnya gelombang pedagang muslim dan atas ajaka Datuk Maulana Husain, di Ternate, Raja Gafi Bata menerima Islam dan namanya berganti menjadi Sultan Zaenal Abidin (1465-14860. Di Tidore, datang seorang pendakwah dari tanah Arab yang bernama Syekh Mansur dan atas ajakannya, Raja Tidore yang bernama Kolana masuk Islam dan berganti nama menjadi Sultan Jamaluddin. Di Ambon Islam datang dari Jawa Timur (Gresik) yang berpusat di kota pelabuhan Hitu pada tahun 1500 M. Disaat Islamisasi berlangsung, Portugis melancarkan Kristenisasi di Ternate pada tahun 1522 M. Namun, usahanya tidak banyak berhasil. Pada masa Sultan Baabullah (1570-1583), benteng pertahanan Portugis di Ambon di taklukkan.

Di Sulawesi, Raja Gowa – Tallo, I Mangarangi Maurobia, atas ajakan Datuk Rianang masuk Islam pada tahun 1605 dengan gelar Sultan Alauddin di Talo raja I Malingkoan Daeng Nyonri Kareng Katangka pada tahun yang sama masuk Islam dengan gelar Sultan Abdullah Awal Islam. Setelah itu, Islam tersebar ke Luwu, Waio(1610); Soppengdan Bone (1611).

Berkenaan dengan proses pembentukan negara atau kerajaan Islam tersebut di atas, menurut Taufik Abdullah, setidak-tidaknya ada tiga pola pembentukan budaya yang tampak dari proses tersebut, yaitu:

1. Pola Samudera Pasai; akhirnya Samudera Pasai berlangsung melalui perubahan dari negara yang segmenter ke negara yang terpusat. Kerajaan ini bukan hanya berhadapan dengan golongan-golongan yang belum di tundukkan dan diislamkan dari wilayah pedalaman, tetapi juga harus menyelesaikan pertentangan politik serta pertentangan keluarga yang berkepanjangan. Dalam proses perkembangannya menjadi negara terpusat Samudera Pasai juga menjadi pusat pengajaran agama. Reputasinya sebagai pusat agama terus berlanjut walaupun kemudian kedudukan ekonomi dan politiknya menyusut. Dengan pola ini, Samudera Pasai memiliki “kebebasan budaya” untuk memformulasikan struktur dan sistem kekuasaan yang mencerminkan tentang dirinya.

2. Pola Sulawesi Selatan; pola islamisasi melalui keraton atau pusat kekuasaan. Proses Islamisasi berlangsung dalam suatu struktur negara yang telah memiliki basis legitimasi geneologis. Konversin agama menunjukkan kemampuan raja. Penguasa terhindar dari penghinaan rakyatnya dalam masalah kenegaraan. Pola ini digunakan di Sulawesi Selatan, Maluku, dan Banjarmasin. Islamisasi di daerah ini tidak memberi landasan bagi pembentukan negara. Islam tidak mengubah desa menjadi suatu bentuk baru dari organisasi kekuasaan. Konversi agama dijalankan, tetapi pusat kekuasaan telah ada lebih dahulu.

3. Pola Jawa; di Jawa Islam mendapatkan suatu sistem politik dan struktur kekuasaan yang telah lama mapan. Ketika kekuasaan raja melemah, para saudagar kaya diberbagai kadipaten di wilayah peisir mendapat peluang besar untuk menjauhkan diri dari kekuasaan raja. Mereka tidak hanya masuk Isla, tetapi juga memasuki pusat-pusat politik independen. Setelah keraton besar goyah, keraton-keraton kecil bersaing menggantikan kedudukannya. Ketika abad ke-14 komunitas muslim sudah besar, bersamaan dengan melemahnya Majapahit, Demak tampil menggantikan kedudukannya. Dengan posisi baru ini, Demak tidak saja menjadi pemegang hegemoni politik, tetapi juga menjadi “jembatan penyeberangan” Islam yang paling penting di Jawa. Tidak seperti pola Samudera Pasai, Islam mendorong pembentukan negara yang supradesa, juga tidak seperti Gowa-Talo, keraton kemudian yang diislamkan, di Jawa, Islam tampil sebagai penantang, untuk kemudian mengambil alih kekuasaan yang ada. Jadi, yang tampil adalah suatu dilema kultural dari orang baru di dalam bangunan politik yang lama.[7]


























[1] Dr.H. Jaih Mubarok, M.Ag. 2004. Sejararah Peradaban Islam. Hal:145-146


[2] Dr.H. Jaih Mubarok, M.Ag. 2004. Sejararah Peradaban Islam.Hal:146-147






[3] Dedi Supriyadi, M.Ag.2008. Sejarah Peradaban Islam. Hal:192-193


[4] Ibid. Hal:193-195


[5] Dr.H. Jaih Mubarok, M.Ag. 2004. Sejararah Peradaban Islam.Hal:147






[6] Dedi Supriyadi, M.Ag.2008. Sejarah Peradaban Islam. Hal:196


[7] Dedi Supriyadi, M.Ag.2008. Sejarah Peradaban Islam. Hal:197-199

Tidak ada komentar:

Posting Komentar