Total Tayangan Halaman

Minggu, 08 Mei 2016

Sadiq Khan anak Supir Bus Inspirasi Walikota Muslim Pertama di London Inggris

Tak menyangka Sadiq Khan yang dilahirkan di London pada 1970 dan dibesarkan di rumah susun dengan enam kakak dan adik perempuannya di Tooting, daerah di London selatan dengan etnis beragam ini menjadi wali kota muslim pertama di Inggris. Khan mengawali karirnya dengan menjadi pengacara hak asasi manusia kemudian ia berhenti. Ia bergabung dengan Partai Buruh pada saat usianya baru menginjak 15 tahun dan ditunjuk sebagai salah satu anggota majelis di daerah yang dikuasai Partai Konservatif di London, Wandsworth, pada tahun 1994.
Hasil pemungutan suara untuk pemilihan wali kota Kamis (05/05) waktu setempat, menunjukkan calon Partai Buruh yang mengusung Sadiq Khan meraih 44,2% suara sementara saingan terdekatnya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif mendapat 35% suara. London memilih Sadiq Khan sebagai wali kota, seorang muslim putra dari supir bus asal Pakistan yang sempat dituduh memiliki kaitannya dengan ekstremisme dan terorisme oleh lawan politiknya.
Seorang anggota parlemen dari Partai Konservatif, Andrew Boff, mempertanyakan kampanye negatif yang dilakukan Goldsmith yang mengaitkannya dengan seorang radikal. Boff mengatakan kepada BBC, bahwa pendekatan negatif yang semacam ini dapat merusak hubungan Partai Konservatif dengan berbagai komunitas di London.
Pria yang juga pernah menjadi seorang anggota parlemen untuk Tooting pada 2005 ini dituduh oleh partai Konservatif dengan ekstremisme Islam, tetapi ia mengecam radikalisme.
Dalam tanya jawab yang diselenggarakn parlemen akhir April lalu, Perdana Menteri Inggris David Cameron mempertanyakan Khan untuk hadir dalam sebuah acara yang sama dengan pria yang disebut mendukung gerakan yang menyebut diri dengan negara Islam atau ISIS.
Pada kesempatan itu, Cameron menyatakan, “Saya khawatir tentang calon dari (Partai) Buruh, yang muncul lagi dan lagi dan lagi (dalam acara yang sama dengan Suliman Gani di daerah pemilihannya, Tooting),” yang kemudian diinterupsi oleh anggota partai buruh yang hadir saat itu dengan teriakan ‘memalukan’.
Khan terpilih dengan keunggulan cukup besar dari Zac Goldsmith, yang juga menuduhnya terkait dengan terorisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar